Contoh Pidato



Pencegahan kerusakan lingkungan

Selamat pagi bapak/ibu guru dan teman-teman sekalian.
Salam sejahtera bagi kita semua.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMP Maju Jaya, Bapak/Ibu guru, serta teman-teman sekalian yang saya sayangi. Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat dan rahmatnya kita dapat berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan pidato tentang Pencegahan Kerusakan Lingkungan.

Berdasarkan Undang-Undang RI NO. 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, kualitas hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh dan konsisten oleh semua pemangku kepentingan.

Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali masalah-masalah kerusakan lingkungan. Salah satu contohnya yaitu banjir. Banjir sudah sering sekali terjadi diberbagai daerah, terutama DKI Jakarta. Masalah banjir sampai saat ini pun belum tertangani hingga tuntas. Walaupun Gubernur Provinsi DKI Jakarta telah mengupayakan berbagai cara untuk mencegah banjir, itu semua tidaklah cukup. Warga Jakarta sendiri juga perlu mengupayakan pencegahan banjir. Banyak sekali cara pencegahan banjir, seperti tidak menebang pohon sembarangan, reboisasi, menjaga kebersihan lingkungan, dan yang paling penting, tidak membuang sampah sembarangan. Tetapi sepertinya belum tumbuh kesadaran masyarakat untuk melakukan hal-hal tersebut.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin mengajak semua yang hadir disini untuk mulai lebih memperhatikan lingkungan sekitar. Marilah kita tanamkan dalam diri kita masing-masing untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Dalam agama juga mengajarkan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka dari itu sekali lagi, kita harus menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya agar tercipta lingkungan yang nyaman untuk dihuni, dan tidak  lagi terjadi kerusakan lingkungan.

Demikian pidato singkat saya mengenai pencegahan kerusakan lingkungan. Apabila ada salah kata mohon dimaafkan.

Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar