FAKTA UNIK SEMUT



MENGAPA SEMUT BERHENTI SEJENAK JIKA BERPAPASAN DENGAN SEMUT LAINNYA?

Semut yang terlihat “mengadu kepala” saat bertemu itu sebenarnya sedang berkomunikasi. T.C. Schneirla, seorang peneliti di Universitas New York pernah melakukan percobaan dengan semut. Ia mengambil seekor semut lalu ditaruh dalam tempat yang berisi makanan. Semut lain ditaruh dalam tempat yang berisi semut-semut musuh. Kemudian kelakuan kedua semut ini diamati, terutama ketika berpapasan dengan teman-temannya di jalan.
Dari penelitian itu, Schneirla menyimpulkan bahwa zat kimia yang dikeluarkan dari makanan ataupun dari musuh semut menempel pada semut itu. Ketika bertemu dengan semut temannya, semut ini akan saling menyapa dengan saling bersentuhan. Nah, dengan saling menyapa inilah zat kimia dari semut akan memberi tahu temannya melalui antena di kepala semut apakah di lingkungan sekitarnya ada makanan atau ada musuh.

SEKUAT APA SEEKOR SEMUT?

Seekor semut sangat kuat dan bisa mengangkat lima puluh kali lebih dari berat tubuhnya.

ALASAN ILMIAH MENGAPA GAJAH TAKUT SEMUT

Ketakutan gajah dengan semut telah lama menjadi kisah utama serial “Dumbo”, kartun klasik Disney era tahun 1940-an. Para pakar mempertanyakan kebenaran ketakutan gajah terhadap semut. Riset yang dilakukan oleh Dr. Todd Palmer, Kepala Pusat Riset Mpala, Kenya dan Universitas Florida bersama koleganya berawal ketika melihat beberapa ekor gajah berlari menghindari pohon akasia yang dipenuhi semut. Ketakutan gajah yang disaksikan Dr. Palmer saat itu ibarat anak-anak yang lari ketika disodori sayuran hijau brokoli. Koloni semut memiliki berat masing-masing lima miligram. Dengan berat koloni seperti itu membuat pohon terlindungi dari gajah, binatang berukuran satu miliar lebih berat dari semut. Dr. Todd Palmer mengatakan gajah tidak menyukai gerombolan semut masuk ke dalam belalainya. Belalai gajah merupakan organ yang luar biasa sensitif. Namun, gajah tak berani menggunakan belalainya untuk menghancurkan koloni semut. Dr. Palmer menyimpulkan koloni semut telah membantu mencegah penggundulan hutan dan melindungi tanaman langka di Afrika.



Dikutip dari buku:
Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper Di Dunia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar